Selamat Datang Di Blog Efda Octaria

Jumat, 23 November 2012

HIDUP SEHAT ALA نبي محمّد















HIDUP SEHAT ALA
نبي محمّد
       Kesehatan merupakan karunia yang diberikan oleh Allah Swt kepada setiap Insan di dunia ini. Setiap Insan mendambakan kesehatan, bahkan terkadang baru datang penyesalan setelah “sakit” dan bergumumam di dalam hati “betapa pentingnya SEHAT”. Untuk mewujudkan hidup yang sehat kitalah yang harus memperhatikannya dengan menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup yang baik, dengan makan yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi juga berolahraga guna menjaga stabilitas tubuh.
                Zaman semakin berkembang, teknologi merupakan media dan sarana yang disanjung tinggi setiap penduduk di dunia bahkan teknologi menjadi kebutuhan sehari-hari. Teknologi ini dikembangkan menjadi Bioteknologi atau Biomasadepan yang meruapakan gabungan antara biologi terapan dan teknologi modern. Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan organisme biologis atau hayati, baik sistem maupun proses untuk menghasilkan barang atau jasa. Bioteknologi  telah diterapkan dalam berbagai bidang ilmu berikut:
v  Bioteknologi Kedokteran
v  Bioteknologi Farmasi
v  Bioteknologi Peternakan
v  Bioteknologi Pertanian
v  Bioteknologi Pengolahan Bahan Pangan


Dengan diterapkannya Bioteknologi, maka hasil pertanian tidak lagi alami tapi sudah diaplikasikan dengan bantuan teknologi modern. Sebagai contoh, banyak dari makanan dan minuman yang berdampak negatif terhadap kesehatan sehingga penyakitpun mulai menyerang tubuh orang yang mengkonsumsinya. Bukan hanya makanan dan minuman yang sudah diproses, melainkan bahan mentah untuk masakanpun pengolahannya dibantu dengan teknologi modern ini. Oleh karena itu di zaman yang serba menggunakan teknologi modern ini kita harus pandai memilah makanan apa yang patut kita konsumsi yang sebaiknya disertakan dengan makanan 5 sehat enam sempurna dan dibarengi dengan kegiatan-kegiatan lain yang dapat menjaga stamina tubuh. Dan dalam Agama Islampun dijelaskan bagaimana makanan yang baik dikonsumsi oleh setiap muslim di muka bumi ini. Nabi Muhammad Saw juga menerapkan Pola makan yang baik dan teratur sehingga dapat membebaskan tubuh dari penyakit yang berpotensi menggerogoti tubuh. Dan akan dipaparkan dalam poin-poin berikut:

                                I.            MAKANAN YANG BAIK MENURUT ISLAM
Sebagai makhluk paling sempurna yang diciptakan Allah Swt, manusia membutuhkan makanan untuk mendapatkan sumber tenaga dan energi bagi tubuh agar dapat melaksanakaan aktifitas-aktifitas dengan baik. Makanan memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap tubuh. Sebab, tubuh terdiri dari beberapa jaringan dan jaringan terdiri dari miliaran sel. Agar setiap sel bisa menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, maka kita harus memenuhinya dengan mengkonsumsi makanan.
Dengan mengkonsumsi makanan berarti kita telah memenuhi beberapa unsur yang dapat membantu setiap jaringan untuk menjalankan fungsinya. Unsur-unsur yang terdapat dalam makanan mencakup; karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Asupan makanan yang baik dapat mewujudkan tubuh yang sehat.
Makanan yang baik menurut Islamadalah makanan yang halal. Mengkonsumsi makanan yang halal dan baik merupakan manivestasi dari ketaatan dan ketaqwaan sebagai hamba Allah Swt. Sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an:
Artinya: Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (Q.S. Al-Maa’idah:88).

Pada dasarnya, ada dua hal yang menyebabkan makanan menjadi haram.
Pertama, diharamkan karena dzatnya, seperti darah, babi, bangkai, dan sebagainya. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah:
Artinya: diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Q.S. Al-Maa’idah:5).

Allah mengharamkan bebrapa jenis makanan demi kebaikan dan kesehatan hamba. Salah satu contohnya, Allah mengharamkan babi karena pada daging babi tersebut terdapat terdapat banyak bakteri yang membahayakan manusia. Diantara parasit tersebut adalah cacing taenia solium, cacing trichinila spiralis, cacing schistosoma japonicum, dan bakteri lain yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.
Kedua, diharamkan karena cara mendapatkannya tidak baik. Seperti didapatkan dari hasil merampok atau mencuri, maka hukumnya haram dikonsumsi. Meskipun pada dasarnya barang/makanan tersebutdihalalkan Allah, tapi karena cara mendapatkannya dengan cara yang tidak baik maka dihukum haram.

                            II.            RAHASIA POLA MAKAN NABI
Pola makan sehat yang diterapkan oleh umumnya manusia sekarang, khususnya muslim, masih relatif jauh dari gambaran yang diajarkan Nabi Muhammad Saw, baik dalam kebiasaan sebelum makan, pada saat makan, maupun setelah makan. Gambaran cara makan dan minum Nabi Saw serta adab-adab penunjang seputar pola makannya pun jarang sekali ditirukan oleh kebanyakan muslim. Padahal pribadi Nabi Saw adalah himpunan dari gambaran adab dan akhlak yang mulia. Berikut ini adalah pola makan dan adab Rasulullah Saw ketika makan:
1)     Udara Segar di pagi hari adalah asupan awal ke dalam Tubuh Rasulullah Saw.
2)     Rasulullah Saw menggunakan siwak setiap pagi guna menjaga kesehatan mulut dan giginya.
3)     Segelas air putuh dengan sesendok madu adalah pembuka menu sarapan Rasulullah Saw.
4)     Rasulullah Saw senantiasa mengkonsumsi 7 butir kurma ketika waktu Dhuha masuk (pagi menjelang siang).
5)    Menu sore Rasullullah Saw adalah cuka dan minyak zaitun yang dicampur dengan roti.
6)     Menu utama makan malam Rasulullah Saw adalah Sayur-Sayuran.
7)     Rasulullah tidak langsung tidur setelah makan.
8) Rasulullah Saw selalu membaca Basmallah sebelum makan dan mengakhirinya dengan Hamdallah.
9)     Rasulullah Saw tidak pernah mencela makanan tapi memujinya.
10) Rasulullah Saw selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
11) Rasulullah Saw makan dengan tangan kanan dan makan makanan yang terdekat.
12) Rasulullah Saw tidak makan berlebih-lebihan.
13) Makan dengan tiga jari sebagai pengatur keseimbangan.
14) Duduk tegak lurus dan tidak bersandar saat makan.
15)Minum dengan tiga kali tegukan.
16) Tidak meniup di tempat minum.
17) Mendahulukan makan buah-buahan sebelum makan daging.
18) Menutup makanan dan minuman di atas meja setelah makan agar terhindar dari pencemaran.
19) Berkumur sebelum dan sesudah makan.
20) Menghabiskan makanan.
21) Makan bersama-sama untuk memberi nilai positif bagi selera makan.
22)Bersikap lembut terhadap orang sakit dengan tidak memaksakan makanan tertentu.
23)Tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin.
24) Tidak memakan daging setiap hari melainkan berselang hari.
25) Hindari minum dari mulut kendi.
26) Tidak makan dan minum dari wadah yang terbuat dari emas dan perak.
27)Tidak pernah menolak Undangan Makan meskipun yang dihidangkan nilainya sangat murah.
28) Mengunyah makananhingga halus.
Itulah pola hidup sehat yang yang diajarkan Rasulullah Saw. Apa yang diajarkan Rasulullah ini adalah pola preventif (pencegahan dari sakit). Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mudah-mudahan kita bisa mengamalkan dan menerapkannya dalam kehidupan demi menjaga kesehatan kita.

Sumber:
Mida Lathifah, Rahasia Pola Makan Nabi Muhammad Saw (Jakarta:Sabil), 2010
Milya Sari, S.Pd, M.Si, Diktat Ilmu Alamiah Dasar (Padang:Institut Agama Islam NegeriImam Bonjol), 2004










Tidak ada komentar: