Selamat Datang Di Blog Efda Octaria

Kamis, 10 Mei 2012

Sekolahku Tercinta


NAMA-NAMA INDAH UNTUK CALON SI BUAH HATI

PELANGI TERINDAH


Sahabat ...

Kalian adalah pelangi terindah

Menyatu meski berbagai perbedaan

Mengerti meski kadang tak sejalan

Berbagai peristiwa dilalui bersama

Terimakasih Sahabat . . .

Akan selalu aku titipkan jiwamu teguh menopang Cinta untuk Allah

Sertakan aku selalu dalam setiap bait do'a tulusmu

Semoga Allah senantiasa memberkahi setiap langKah yang kita haDapi

Barakhallahu lanaa fii ad-dunya wa al-akhirah ... Uhibbukum fillah..:)



Abdurrahman Faiz "SI KECIL PENUH KARYA"

                          
Abdurahman Faiz lahir di Jakarta, 15 November 1995. Ia telah menulis puisi sejak berusia 5 tahun. Namanya mulai dikenal publik ketika ia menjadi Juara I Lomba Menulis Surat untuk Presiden tingkat nasional yang diselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta (2003). Pertama kali Faiz tampil membacakan puisi-puisinya yang pada waktu itu belum dibukukan, adalah atas undangan Nurcholish Majid pada acara peluncuran buku beliau yang mengundang ribuan tokoh nasional. Saat kelas II SD puisi Faiz “Sahabatku Buku” menjadi juara Lomba Cipta Puisi Tingkat SD seluruh Indonesia yang diadakan Pusat Bahasa Depdiknas (2004).

Buku kumpulan puisi pertama Faiz Untuk Bunda Dan Dunia (DAR! Mizan, Januari 2004) terbit saat ia berusia 8 tahun dan diberi pengantar oleh Taufiq Ismail. Buku tersebut meraih Anugerah Pena 2005 serta Buku Terpuji Adikarya IKAPI 2005. Sejak buku itu terbit Faiz kian sering diundang membacakan dan membicarakan karya-karyanya--- yang banyak mengetengahkan berbagai persoalan sosial kemasyarakatan dan politik--- dalam berbagai forum, termasuk di hadapan Presiden Megawati Soekarno Putri, Presiden SBY, mantan presiden Abdurrahman Wahid, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, sejumlah menteri dan tokoh-tokoh nasional lainnya. Ia pun pernah diundang sebagai salah satu panelis Debat Capres di stasiun televisi swasta, pada pemilu 2004 lalu.

Buku keduanya: Guru Matahari (DAR! Mizan 2004), terbit saat ia masih berusia 8 tahun pula, diberi pengantar Agus R. Sarjono mendapat nominasi Khatulistiwa Literary Award 2005. Buku ketiganya: Aku Ini Puisi Cinta (DAR! Mizan 2005) membawanya meraih penghargaan Penulis Cilik Berprestasi dari Yayasan Taman Bacaan Indonesia (2005).

Buku keempat Faiz adalah kumpulan esai berjudul: Permen-Permen Cinta Untukmu (DAR! Mizan 2005). Karyanya juga terdapat dalam antologi bersama: Matahari Tak Pernah Sendiri (1 dan 2), Jendela Cinta (GIP 2005), dan Antologi Puisi untuk Yogyakarta (2006). Puisinya pernah dimuat di sejumlah koran nasional antara lain Kompas dan Republika. Tahun 2006 Faiz dinobatkan sebagai Anak Kreatif Indonesia versi Yayasan Cerdas Kreatif Indonesia yang dipimpin Kak Seto.

Bersama beberapa penulis cilik lainnya, putra pertama Tomi Satryatomo dan Helvy Tiana Rosa ini menulis kumpulan cerpen Tangan-Tangan Mungil Melukis Langit (LPPH 2006), untuk membantu biaya sekolah bagi teman-teman kecil mereka yang tinggal di kolong jembatan tol. Bukunya: Nadya: Kisah dari Negeri yang Menggigil, dikatapengantari oleh Sapardi Djoko Damono (LPPH, Juli 2007). Tahun 2007, Faiz mendapat PKS Award sebagai Anak Indonesia Berprestasi. Tahun 2008 antologi bersamanya: Magic Cristal (Mizan) terbit. Faiz mendapat Anugerah Kebudayaan 2009 dari Presiden RI: Susilo Bambang Yudhoyono. Faiz juga menjadi Pemenang Sayembara Menulis Naskah Drama Federasi Teater Indonesia (2011) dan terpilih sebagai The Most Amazing Teen 2011 versi Student Globe. 












Rabu, 09 Mei 2012

GUNUNG SALAK KEMBALI MAKAN KORBAN, Kali Ini Sukhoi SSJ 100

GUNUNG SALAK KEMBALI MAKAN 

KORBAN, Kali Ini Sukhoi SSJ 100



Berita mengejutkan dilansir media siang tadi Rabu (9/5), diberitakan sebuah pesawat jenis Sukhoi Super Jet 100, dengan captain pilot  Alexander Yablontsev, dan co pilot Alexander Kochetkov, keduanya dari Rusia yang sedang  melakukan “joy filght” dari Bandara Halim Perdana Kusuma telah lost contact sekitar pukul 14.33 WIB. Pesawat kehilangan kontak diperkirakan  pada posisi disekitar Gunung Salak. Direktur Operasional Badan SAR Nasional, Sunarbowo mengatakan, “Kontak terakhir pada pukul 14.33 WIB, posisi di sekitar Gunung Salak I dengan ketinggian sekitar 6 ribu sampai dengan 7 ribu kaki,” katanya.
Menurut Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI A Adang Supriyadi, pesawat Sukhoi itu rencananya hari Rabu hanya melakukan dua kali demo di udara. Mereka melakukan promosi dan presentasi. Pada pukul 14.21 WIB, pesawat itu terbang untuk yang kedua dan pada pukul 14.33 WIB, pesawat lost contact.  Kegiatan joy flight itu dihadiri oleh perwakilan pejabat dari Kementerian Perhubungan, diplomat Rusia di Indonesia, dan orang-orang dari maskapai penerbangan. Pesawat itu berada di Indonesia dalam rangka roadshow di Asia Tenggara dan Asia Tengah dan bertujuan memperkenalkannya kepada maskapai pemesan di Indonesia. Pemesan pesawat jenis transport jet Sukhoi ini adalah Kartika Airlines dan Sky Aviation.

Senior Investigator Kecelakaan Transportasi Udara KNKT Mardjono Siswosuwarno menjelaskan kepada media, pihaknya mendapat informasi bahwa penerbang Sukhoi Superjet 100 itu sempat meminta izin mengurangi ketinggian dari 10.000 feet  menjadi 6.000 feet. “Jika sudah meminta izin ke pihak air traffic control (ATC) hingga ketinggian 6.000 kaki, mensyaratkan bahwa pesawat itu sudah hampir mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma,” katanya.

Ditambahkannya penjelasan kepada media, dengan ketinggian 6.000 kaki, pesawat masih aman untuk terbang di ruang udara sekitar Gunung Salak, kecuali jika posisi pesawat berada pada posisi di selatan Gunung Salak, Bogor. “Kalau 6.000 kaki di sekitar Gunung Salak masih aman, tetapi kalau adanya di posisi selatan Gunung Salak, baru tidak aman,” katanya.
Hingga dini hari ini lokasi kemungkinan terjadinya kecelakaan pesawat masih belum ditemukan. Yang dapat dipastikan, kordinat pesawat pada saat kehilangan kontak berada disekitar Gunung Salak.

Daftar Manifest Crew dan Penumpang
Daftar nama-nama penumpang yang tercatat di manifest (daftar nama penumpang) adalah :
Crew dan Penumpang Warga Negara Berkebangsaan Rusia; 
1. Alexander Yablontsev, pilot, 2. Alexander Kochetkov, kopilot, 3. Oleg Shvetsov, navigator aero, 4. Aleksey Kirkin, teknisi pesawat, 5. Dennis Rakhmanov, pemimpin teknisi tes pesawat, 6. Nikolay Martyshenko, kepala deputi tes penerbangan, 7. Evgeny Grebenshchikov, Direktur Penjualan Sukhoi, 8. Kristina Kurzhukova, manajer kontrak.
Penumpang Warga Negara Indonesia; 1. Ahmad Fazal (IndoAsia), 2. Insan Kamil (IndoAsia), 3. Edward Edo M (IndoAsia), 4. Ismie (TransTV), 5. Aditya Sukardi (Transtv), 6. Indra Halim (PT KAL), 7. Riefyan S (PT KAL), 8. Dody Aviantara (majalah Angkasa), 9. Yusuf (majalah Angkasa), 10.Femi (Bloomberg), 11.Stephen Kamaci (IndoAsia), 12.Capt.Aan Husdiana (Kartika Air), 13.Yusuf Ari Wibowo (Sky Aviation), 14.Maria Marcella (Sky), 15.Henny Stevani (Sky), 16.Mai Syarah (Sky), 17.Dewi Mutiara (Sky), 18.Sussana Vamella (Sky), 19.Nur Ilmawati (Sky), 20.Rossy Withan (Sky), 21.Anggi (Sky), 22.Aditya (sky), 23.Kornel M Sihombing (DI), 24.Edi Satriyo (Pelita Air), 25.Darwin Pelawi (Pelita Air), 26.Gatot Purwoko (Airfast), 27.Budi Rizal (Putera Antha Dirgantara), 28.Syafruddin (Carpedrem Mandiri), 29.Peter Adler (Sriwijaya), 30.Herman Suladji (Air Maleo), 31.Donardi rahman (Aviastar), 32.Eloni (Kartika), 33.Hurdiana Wiyanda (Kartika), 34.Arief wahyudi (TR), 35.Nam Tran (Snecma), 36.Rudi Darmawan (IndoAsia).

Daftar manifest menurut kepastian sedang dilakukan cross check, karena terdapat ada calon penumpang yang batal naik. Diantarnya adalah Mantan Menteri Perumahan Rakyat Manoarfa,  isteri dan anaknya selamat karena batal ikut dalam joy flight kedua tersebut. Pangkalan TNI AU Halim telah mempersiapkan tempat apabila benar terjadi kecelakaan dan pesawat crash di Gunung Salak. Penulis penah mempunyai pengalaman serupa saat sebuah pesawat Hercules TNI AU jatuh di condet dan menyebabkan jatuh korban 132 orang anggota TNI AU.

Sekilas Tentang Sukhoi Super Jet 100 (SSJ 100)
Pesawat Superjet Sukhoi 100 adalah pesawat yang modern, fly-by-wire di kelompok pesawat jet angkut sedang di kategori 75 hingga 95 penumpang. Mulai tahun 2000 pesawat ini dirancang oleh sebuah divisi pesawat sipil dari perusahaan penerbangan Rusia Sukhoi. Pesawat dirancang bekerjasama dengan mitra Barat. Penerbangan  perdananya dilakukan pada tanggal 19 Mei 2008 dan pesawat itu disertifikasi oleh Interstate Aviation Committee pada Januari 2011 dan oleh Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (European Aviation Safety Agency)  pada bulan Februari 2012.

Pada tanggal 21 April 2011, dilakukan penerbangan komersial berpenumpang pertama, di Armavia rute dari Yerevan ke Moskow. SSJ 100 ini dirancang untuk bersaing secara internasional dengan perusahaan Embraer dan Bombardier mitra. Superjet 100 dijual lebih murah dibandingkan pesawat sekelasnya, dengan harga US$35 Juta, dan kelebihan lainnya biaya operasinya juga jauh lebih murah.

Perakitan akhir dari Superjet 100 dilakukan oleh Komsomolsk-on-Amur,  Asosiasi Produksi Pesawat , dimana engine SSJ 100 (SaM-146)  dirancang dan diproduksi oleh French-Rusian Power Jet joint Venture.  Untuk pemasaran pesawat secara internasional dilaksanakan oleh the Italian-Russian SuperJet International joint venture.
Proyek SSJ 100 digambarkan sebagai program pesawat yang paling penting dan sukses bagi dunia sipil penerbangan Rusia. SSJ 100 mendapat dukungan istimewa dari  Russian Ministry of Industry and Trade (Departemen Perindustrian dan Perdagangan) , yang menganggapnya sebagai proyek prioritas utama. SSJ 100 adalah pesawat sipil  pertama yang dikembangkan Rusia pasca pecahnya Uni Soviet. Sejak sukses dalam uji terbangnya, sebanyak 240 pesawat telah dipesan oleh banyak negara, termasuk perusahaan penerbangan Indonesia. Kartika Airline diberitakan memesan 30 pesawat, dan Sky Airlines memesan 12 pesawat.

Pesawat SSJ 100 mereka sebut sebagai pesawat super teknologi. Perusahaan Sukhoi dalam situsnya menjelaskan kelebihan SSJ100 tersebut.  Teknologi maju  menjadi bahan inti dari proyek Sukhoi Superjet 100, mulai dari desain dan pengembangan untuk perakitan akhir, memberikan pesawat ekonomis efisien, dan modern. SSJ100 mudah dan aman dikendalikan oleh penerbang. Desain kokpit dilengkapi dengan “passive” side stick and “active” engine control levers. Konsep Desain Human Centered sempurna mengatur tuas kontrol dan  peralatan lainnya di pesawat. SSJ100 dapat didaratkan oleh seorang  penerbang saja. Cockpitnya yang berwarna agak gelap, memberikan kesan tenang, nyaman dan handal.
Sistem kontrol jarak jauh (RCS) didasarkan pada tiga dua channel komputer tingkat atas  Flight  Actuator Control Unit Primer,  menambahkan komputer tingkat dua channel yang lebih rendah (ACE - Actuator Control Elektronic). Proses sinyal perintah PFCU yang datang dari kokpit, avionik dan autopilot. Selain itu, mengoptimalkan kinerja piloting dalam semua mode penerbangan. Sebuah fungsi yang tak tertandingi hasil PFCU dari pengalaman Biro Desain Sukhoi.

Sukhoi Superjet 100 dilengkapi dengan sistem built-in deteksi kegagalan yang dapat menemukan kegagalan termasuk  di tingkat LRU dari setiap sistem dalam pesawat. Selain itu, konfigurasi dasar avionik menawarkan fungsi yang lebih luas, termasuk tiga ultra gelombang pendek sistem komunikasi dengan fungsi ACARS, generasi kedua sistem T2CAS dirancang untuk mencegah tabrakan serta IIIA ICAO kategori kemampuan pendekatan.
Berdasarkan Perjanjian kerjasama jangka panjang yang ditandatangani pada tanggal 19 Desember 2002, Boeing bertindak sebagai konsultan  perusahaan Sukhoi khusus pembuat pesawat transport sipil di bidang pemasaran, desain dan manufaktur, sertifikasi dan kualitas, manajemen pemasok, dan dukungan purna jual. Kontribusi oleh Boeing, ide langkah-demi-langkah manajemen proyek sepenuhnya dieksplorasi dan diterjemahkan ke dalam realitas bisnis oleh SCAC.

Gunung Salak,  Cantik Tapi Berbahaya
Sesuai dengan informasi dari berbagai pihak yang menganalisa kemungkinan jatuhnya SSJ 100, sangat mungkin diperkirakan di Gunung Salak. Pernah terjadi sebuah pesawt Cassa TNI AU C-212, tail number A-2106 juga jatuh dan menabrak lereng Gunung Salak pada bulan Juni 2010.  Keseluruhan 18 penumpang serta crew meninggal dunia. Nah rupanya Gunung yang terlihat cantik dan anggun itu menyimpan misteri bahaya karena telah memakan korban, menelan pesawat yang melintas diatasnya.
Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. Letak astronomis puncak gunung ini ialah pada 6°43′ LS dan 106°44′ BT. Tinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl. Secara administratif, Gunung Salak termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Gunung Salak lebih populer dikenal  sebagai ajang tempat pendidikan bagi klub-klub pecinta alam, terutama sekali daerah punggungan Salak II. Ini dikarenakan medan hutannya yang rapat dan juga jarang pendaki yang mengunjungi gunung ini. Juga memiliki jalur yang cukup sulit bagi para pendaki pemula dikarenakan jalur yang dilewati jarang kita temukan cadangan air kecuali di Pos I jalur pendakian Kawah Ratu, beruntung di puncak Gunung ( 2211 Mdpl ) ditemukan kubangan mata air.Gunung Salak meskipun tergolong sebagai gunung yang rendah, akan tetapi memiliki keunikan tersendiri baik karakteristik hutannya maupun medannya.

Kesimpulan
Nampaknya, kemungkinan besar SSJ 100 itu jatuh di lereng gunnung salak. Mengingat Captain Pilot minta ijin turun keketinggian 6.000 feet, kemungkinan pesawat crash pada lokasi yang agak tinggi, puncak Salak I ketinggiannya serkitar 6.600 feet, sementara puncak Salak II sekitar 6.540 feet. Setiap siang hari lereng hingga puncak pada umumnya diselimuti oleh awan. Hanya masalahnya, SSJ 100 merupakan pesawat dengan teknologi canggih, dilengkapi dengan sistem radar canggih, mengapa bisa mengalami eror yang fatal?. Para penyelidik kecelakaan pesawat sebaiknya melakukan penyelidikan yang lebih teliti terhadap kemungkinan penyebab lainnya dengan pertimbangan security. Persaingan serta ancaman teror merupakan kemungkinan yang jangan diabaikan, karena dalam sebuah joy flight, biasanya ketelitian agak turun, dimana kebahagiaan lebih ditonjolkan. Namanya saja joy flight. Seperti pada penyelidikan kecelakaan pesawat selama ini pada umumnya,  eror terbanyak adalah human error.  Untuk kasus ini apakah juga demikian? Jelas ada misteri disini yang harus didalami baik oleh KNKT Indonesia maupun Rusia.

Kita tunggu semoga kalaupun toh kecelakaan, lokasi dapat segera ditemukan, tetapi jelas evakuasi akan jauh lebih sulit. Sebuah pelajaran yang dapat dipetik dari kasus kecelakaan pesawat, bahwa terbang bagi manusia adalah menyalahi kodratnya, manusia kodratnya berada di tanah, tidak bisa terbang. Hanya kemudian manusia mempunyai akal membuat pesawat, sehingga bisa terbang. Karena itu ada hal yang tidak boleh dilanggar dan tanpa toleransi sekecil apapun. Setiap  terbang, manusia harus berpegang kepada prosedur penerbangan, aturan serta airman ship. Apabila kedua hal ini dilanggar maka manusia yang terbang itu akan bertemu dengan kodratnya. Kalau sudah kejadian, kemampuan  kita bersama hanya dapat mendoakan yang terbaik bagi para penumpang dan crew.



Selasa, 08 Mei 2012

BANGSA INI MERINDUKAN PEMIMPIN YANG TEGAS


BANGSA INI MERINDUKAN PEMIMPIN YANG TEGAS

Dalam beberapa diskusi publik baik itu tentang hukum, politik, energi, kesejahteraan, maupun ekonomi yang saya ikuti, sering sekali pembicara maupun peserta mengkait-kaitkan keadaan situasional yang ada di negara inilah yang menjadi biang keladi mengapa semua aspek-aspek masyarakat tidak dapat berkembang. Pernyataan tersebut biasanya di ungkapkan ketika harus menghadapi kenyataan bahwa segala sesuatu ada penyebabnya, dan mayoritas berpendapat bahwa penyebabnya adalah lemahnya kepemimpinan di republik ini.
13365126211092261095
suber foto : http://aamboejangberlian.blogspot.com
Leadership atau kepemimpinan dalam berbagai ruang lingkup baik kecil maupun besar sangatlah diperlukan. Karena bila tidak ada kepemimpinan yang kuat, maka akan menimbulkan ketidakjelasan perjalanan sebuah institusi atau organisasi. Begitu juga dengan negara sebagai sebuah organisasi yang disebut pemerintah (government), memiliki tugas untuk mengelola dan menuntun perjalanan republik ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan.
Seorang pemimpin haruslah seorang yang mengerti bagaimana caranya untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan tersebut, karena bila tidak akan seperti seorang buta yang berjalan tanpa tujuan. menyadari bahwa dijadikan dirinya sebagai nahkoda untuk memimpin bangsa ini pun sangat penting, untuk dapat menjaga amanat yang ditujukan pada dirinnya. Namun banyak yang menyatakan bahwa saat ini segalanya berjalan dengan sendiri-sendiri, tanpa tujuan yang jelas. Bila kita runut ketidakjelasan tujuan tersebut akan merujuk pada lemahnya kepemimpinan.
Kepemimpinan bagi sebuah bangsa merupakan hal yang urgent, karena sekali salah dalam membuat keputusan maka akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat dalam skala besar. Karena apapun yang dilakukan negara akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi lebih dari 230 juta rakyat. Oleh karena itu kepemimpinan sebagai salah satu pilar dalam memajukan kesejahteraan bangsa, bagi saya sangat penting, dan menurut saya belum terlambat untuk memperbaikinya.http://politik.kompasiana.com/2012/05/09/bangsa-ini-merindukan-pemimpin-yang-tegas/

MARAKNYA PRAKTEK MEMBISNISKAN IBADAH HAJI



MARAKNYA PRAKTEK MEMBISNISKAN IBADAH HAJI

Melakukan aktifitas bisnis adalah sah-sah saja, malah kalau dilihat dari kaca mata Islam, aktifitas  bisnis atau wirausaha merupakan sunnah. Karena Rasulullah sendiri adalah seorang pebisnis tulen, yang selalu mengedepankan sifat amanah dan al aminnya dalam setiap aktifitas bisnis.
Namun, apa jadinya jika yang dibisniskan tersebut adalah pelaksanaan ibadah haji. Di satu segi memang sangat dirasakan manfaatnya oleh jemaah. Sementara jika dilihat dari sisi lain, ternyata penuh dengan kebohongan dan tipu muslihat dalam pelaksanaannya. Parahnya lagi, aksi tersebut ternyata dilakukan oleh orang-orang yang mengaku paham dengan hukum serta pelaksanaan ritual haji sendiri.
Bisnis haji adalah suatu usaha yang sangat menggiurkan, apalagi bagi yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang ini. Untuk memenuhi pundi-pundi dollar dan riyal selama musim haji berlangsung, biasanya mereka sudah mempersiapkan strategi di jauh-jauh hari. Selain bisnis perjalanan haji yang umumnya sudah dikuasai oleh beberapa pihak di tanah air sana. Ternyata ada lagi bisnis besar yang menyangkut dengan pelaksanaan ibadah haji setelah jemaah sampai di Saudi Arabia. Biasanya ini menyangkut dengan, hewan dam haji tamattu’, hewan qurban, badal haji, badal umrah dan lain sebagainya.
Para pelaku bisnis ini, biasanya sebelum jemaah haji berdatangan, mereka sudah standby duluan di berbagai pos penampatan jemaah haji. Kita bisa saja mendengar berbagai upaya pemerintah setempat dalam memblokir akses bisnis ilegal musiman ini oleh pemerintah setempat. Anehnya, setiap tahun malah kita masih saja  melihat muka yang itu-itu juga berkeliaran di situ. Apakah mereka lebih lihai dari para petugas haji negara setempat dalam bereaksi?
Umumnya, pelaku bisnis jenis ini mereka mengaku diri sebagai mukimin di Mekkah atau Madinah. Atau sebagai mahasiswa yang sedang belajar di Timur Tengah. Apakah benar demikian, atau pun mereka hanya mengaku-ngaku saja? Tapi nampaknya, mereka adalah oknum yang terorganisir, namun untuk menampilkan kesan meyakinkan, maka mereka mengaku sebagai mahasiswa atau mukimin. Wallahu a’lam.
Modus yang sering mereka lakukan dalam menggarap mangsa para jemaah haji adalah, dengan menawarkan jasa penyembelihan dam haji tamattu’, qurban dan haji badal (haji ganti). Hebatnya, mereka berani memberikan tarif dibawah tarif rata-rata, bahkan dibawah tarif resmi bank sekalipun. Sebagai contoh, jika pihak resmi memasang harga untuk seekor kambing dam haji tamattu’ dan qurban sebesar SR. 250, mereka malah berani mematok harga hanya SR. 150. Begitu juga, jika pengelola haji umumnya menetapkan tarif untuk membadalkan haji sebesar 400USD/orang, eh..mereka berani memasang 200USD/orang. Tentu saja iming-iming murah ini cukup menggiurkan para jamaah yang berpikiran serba irit. Akhirnya tanpa disadari jemaah itupun menjadi korban sindikat tersebut.
Dari pengamatan kami sendiri di lapangan selama beberapa kali musim haji, umumnya sindikat tersebut tidak menyembelih hewan dam ataupun qurban para jemaah. Logis saja, mana ada harga hewan potong di musim haji yang seharga itu? Ada juga sebagian yang menyembelih, namun waktunya jauh setelah musim haji selesai, di saat harga hewan potong jauh lebih murah. Tapi dari segi  keabsahan ibadah itu sendiri sudah sangat melenceng. Lalu, siapa yang bertanggungjawab dalam hal ini atas keabsahan ibadah haji jemaah tersebut?
Lain hewan dam haji tamattu’, lain pula haji badal (ganti). Syarat sah haji  badal adalah, jika dilakukan oleh satu orang untuk mewakilkan  pelaksanaan haji seseorang. Nah, karena oknum ini memasang tarif murah, para jemaah pun berebutan untuk menyerahkan pelaksanaan haji badal orang tua mereka kepada oknum ini. Karena kebanjiran order, akhirnya oknum ini menjamak (mengumpulkan) pelaksanaan ibadah haji para jemaah yang mereka wakilkan. Sah kah demikian? Ya…mana ada sah. Karna badal haji tidak bisa di jamak (dikumpulkan) pelaksanaanya oleh seorang. Sialnya, sementara jemaah yang menyerahkan pelaksanaan haji orang tuanya kepada oknum ini, tetap merasa nyaman karena telah menggenggam sehelai sertifikat haji badal, yang diberikan oleh si oknum.
Dalam hal ini memang sangat dituntut kemengertian para jemaah, sehingga mereka tidak terjebak dengan berbagai praktek penipuan berkedok ibadah. Walaupun dari satu segi sangat membantu meringankan ibadah mereka, sayangnya sangat jauh dari nilai-nilai keabsahan. Kalaupun jemaah ingin menyerahkan amanah dam dan badal haji kepada seseorang, demi terlaksananya amanah tersebut, maka pilihlah orang yang betul-betul sudah dikenal. Kalau masih ragu, sebaiknya lewat jalur resmi saja, biarpun sedikit lebih mahal yang penting khan jelas dan sah secara ibadah. Bukankah demikian? http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/05/09/maraknya-praktek-membisniskan-ibadah-haji/

UANG PALSU MARAK BEREDAR


UANG PALSU MARAK BEREDAR

MUARAENIM– Para pemilik warung harus lebih berhatihati. Saat ini peredaran uang palsu mulai marak di Muaraenim. Umumnya para korban adalah pemilik warung dan pedagang kecil lainnya, di mana pelaku menggunakan modus dengan berpura-pura belanja.


Salah seorang pemilik warung, Susilawati binti Usman, 35,warga Perumahan Tumbuh, sudah menjadi korban.Dia menerima bayaran dengan uang palsu pecahan Rp100.000. Susilawati berjualan di depan Masjid Agung Kota Muaraenim. Dia sangat kaget ketika uang pecahan Rp100.000 hasil jualan di warungnya ternyata palsu. Susi baru mengetahui kalau uang pecahan Rp100.000 tersebut palsu ketika kemarin pagi berbelanja untuk kebutuhan warungnya. Saat akan membayar, ternyata uang tersebut tidak diterima pedagang lantaran palsu.

Tim Buser Polres Muaraenim yang mendapatkan laporan langsung turun ke lapangan, sekaligus mengidentifikasi serta mengamankan uang palsu tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut.“Kasus uang palsu ini akan kita telusuri dan selidiki lebih lanjut,” kata Kanit Pidum Polres Muaraenim Ipda Robert.http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/493256/ 

DOKTER KECIL SIAP BERSAING



DOKTER KECIL SIAP BERSAING

Dengan disematkannya label dokter kecil, anak-anak SD diharapkan menjadi agen perubahan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).


Wajah sumringahtak bisa disembunyikan dari Luisa Yulia (SD Sang Timur),Al Abror (SDN Pondo Labu 07),dan Itak Hidayatul (SDN Rambutan 01).Ketiganya berhasil menjadi yang terbaik di ajang Dokter Kecil Award 2012tingkat DKI Jakarta.Dengan begitu, mereka akan mewakili DKI Jakarta untuk bersaing di tingkat nasional. Ya,ajang Dokter Kecil Awardkembali digelar tahun ini.

Program bagi anak sekolah dasar (SD) yang akan berkompetisi menjadi yang terbaik untuk siap menjadi agen perubahan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ini diselenggarakan oleh PT Unilever Indonesia Tbk dengan brand Lifebuoy. Tahun ini program Dokter Kecil Awarduntuk pertama kalinya terbuka secara umum dan mencakup 32 provinsi agar lebih memotivasi dan mendorong semua SD dalam mengaktifkan usaha kesehatan sekolah (UKS).

Selain itu,menjadikan dokter kecil sebagai agen perubahan PHBS untuk turut mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih sehat. Bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI),Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),program ini diharapkan menjadi upaya strategis meningkatkan derajat kesehatan siswa melalui pendekatan kelompok teman sebaya.

Selain itu,juga mempersiapkan peserta didik menjadi penggerak hidup bersih dan sehat,baik di lingkungan sekolah,keluarga,maupun masyarakat sekitarnya. Dengan jumlah siswa SD yang sangat besar membuat mereka memiliki peran strategis untuk membudayakan PHBS di kalangan anak-anak dan keluarga Indonesia sehingga mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih sehat. 

Diketahui,dari hasil sensus penduduk 2010 menunjukkan jumlah penduduk Indonesia berusia 5–14 tahun ada 44,8 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, Kemdikbud mencatat ada 27,32 juta siswa SD di Indonesia. Sementara itu,jumlah siswa SD di DKI Jakarta juga tergolong besar,mencapai 841.897 orang.Jumlah yang sangat besar tersebut membuat anak-anak usia SD penting untuk menjadi sasaran edukasi dan sosialisasi PHBS,seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS). 

Saat ini kebiasaan PHBS pada anak-anak dan keluarga Indonesia masih rendah.Indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) 2010 menunjukkan persentase PHBS secara rata-rata nasional 35,7%.Sementara rata-rata untuk CTPS hanya 24,5%.Padahal, PHBS dan CTPS merupakan upaya promotif dan preventif yang berperan penting mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih sehat. 

Ketua Umum PB IDI dr Prijo Sidipratomo SpRad(K) mengatakan,di tengah-tengah situasi anggaran kesehatan yang sejak Indonesia merdeka tidak pernah beranjak dari kisaran 2% dari APBN (rekomendasi WHO 5% dari APBN), maka peran pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting.Karena itu,IDI mendukung program dokter kecil ini sebagai salah satu upaya pembelajaran bagi anak-anak usia SD tentang arti penting kesehatan. 

“IDI memandang dokter kecil bisa berperan penting sebagai agen perubahan PHBS,” kata dia saat memberikan sambutan dalam acara Final Pemilihan Dokter Kecil Terbaik DKI Jakarta di Taman Wiladatika, Cibubur,Jakarta Timur. Ketua IDI Wilayah Jakarta dr Tony S Natakarman menuturkan, seleksi Dokter Kecil Awarddi Jakarta diikuti oleh 150 orang dokter kecil dari 150 sekolah di lima kota madya di seluruh DKI Jakarta.

Seleksi tersebut berupa tes tertulis mengenai materi dokter kecil, tes wawancara,lomba majalah dinding (mading),lomba puzzle gizi,lomba reli dokcil, dan lomba P3K. Jumlah tersebut akan berperan penting untuk meningkatkan kebiasaan PHBS pada anak-anak SD dan keluarganya. Anak-anak SD penting memiliki kebiasaan PHBS karena kebiasaan yang tertanam sejak dini akan terbawa hingga dewasa. ww.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/492805/

PENEMUAN TERBARU MENGENAI KANKER HATI


PENEMUAN TERBARU MENGENAI KANKER HATI




Penemuan terbaru mengenai kanker hati! Jangan Tidur Terlalu Malam ! Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT, SGPT) ,tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!!.
Selama ini hampir semua orang sangat tergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index).. Mereka menganggap bila pemeriksaan hasil index yang normal berarti semua OK..
Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter specialis, benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.
Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan.
Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.
Saat ini ada pasien dokter Hsu yang mengeluh bahwa selama satu bulan terakhir sering mengalami sakit perut dan berat badannya turun sangat banyak. Setelah dilakukan pemeriksaan supersound baru diketemukan adanya kanker hati yang sangat besar, hampir 80% dari livernya (hati) sudah termakan habis.
Pasien sangat terperanjat, “Bagaimana mungkin? Tahun lalu baru melakukan medical check-up dan hasilnya semua normal. Bagaimana mungkin hanya dalam waktu 1 tahun yang relative singkat dapat tumbuh kanker hati yang demikian besar?”
Ternyata check-up yang dilakukan hanya memeriksa fungsi hati. Hasil pemeriksaan juga menunjukkan “ normal “. Pemeriksaan fungsi hati adalah salah satu item pemeriksaan hati yang paling dikenal oleh masyarakat. Tetapi item ini pula yang paling banyak disalahpahami oleh masyarakat kita ( Taiwan karena penulis berdomisili disana, tetapi juga termasuk masyarakat Indonesia salah memahami).
Pada umumnya orang beranggapan bahwa bila hasil index pemeriksaan fungsi hati menunjukkan angka normal berarti tidak ada masalah dengan hati.
Tetapi pandangan ini mengakibatkan munculnya kisah-kisah sedih karena hilangnya kesempatan mendeteksi kanker sejak stadium awal.
Dokter Hsu mengatakan, SGOT dan SGPT adalah enzim yang paling banyak ditemui didalam sel-sel hati. Bila terjadi radang hati atau karena satu atau sebab lain sehingga sel-sel hati mati, maka SGOT dan SGPT akan lari ke luar. Hal ini menyebabkan kandungan SGOT dan SGPT didalam darah meningkat.
Tetapi tidak adanya peningkatan angka SGOT dan SGPT bukan berarti tidak terjadi pengerasan hati atau tidak adanya kanker hati. Bagi banyak para penderita radang hati , meski kondisi radang hati mereka telah berhenti, tetapi didalam hati (liver) mereka telah terbentuk serat-serat dan pengerasan hati. Dengan terbentuknya pengerasan hati, maka akan mudah sekali untuk timbul kanker hati.
Selain itu, pada stadium awal kanker hati, index hati juga tidak akan mengalami kenaikan. Karena pada masa-masa pertumbuhan kanker, hanya sel-sel di sekitarnya yang diserang sehingga rusak dan mati.
Karena kerusakan ini hanya secara skala kecil maka angka SGOT dan SGPT mungkin masih dalam batas normal, katakanlah naik pun tidak akan terjadi kenaikan tinggi. Tetapi oleh karena banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini sehingga berakibat terjadilah banyak kisah sedih.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2. Tidak buang air besar pada pagi hari.
3. Pola makan yang terlalu berlebihan (Daging panggang, sate, dan gorengan / minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng untuk menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil....) Masakan yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan..
4. Tidak makan pagi.
5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan atau bahkan Narkoba.
6.. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan (penyedap rasa), zat pewarna, pemanis buatan.
7. Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak ½ matang.
8. Merokok atau menjadi perokok pasif.
Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makan sehari – hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan “jadwalnya “.
Sebab :

Ø Malam hari pk 21.00 – 23.00 : adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun(de-toxin) dibagian system antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik (lebih baik lagi bila sudah tidur) . Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negative untuk kesehatan.
Ø Malam hari pk 23.00 – dini hari 01.00 : saat proses de-toxin dibagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
Ø Dini hari 01.00 - 03.00 : proses de-toxin dibagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
Ø Dini hari 03.00 – 05.00 : de-toxin dibagian paru-paru, sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selam durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tidak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.. Bagi perokok pembersihan berlangsung dengan tidak sempurna.
Ø Pagi pk 05.00 – 07.00 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air besar.
Ø Pagi pk 07.00 – 09.00 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 06.30... Makan pagi sebelum pk 07...30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap mengubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, Tidurlah Nyenyak dan Jangan Begadang.
HARAP DISEBARLUASKAN PENGETAHUAN INI KEPADA SEGENAP KELUARGA, TEMAN-TEMAN DAN REKAN-REKAN SERTA RELASI YANG KITA CINTAI SUPAYA DAPAT TERHINDAR DARI PENYAKIT YG AKAN MEMBAWA MAUT & MALAPETAKA DALAM KEHIDUPAN INI. -KUTIPAN-